Menghindari Kesalahan-kesalahan Saat Melaksanakan Thawaf di Ka'bah

Kategori : Fiqih, Ditulis pada : 05 Juli 2023, 18:16:38

Thawaf adalah ibadah mengelilingi Ka'bah yang penuh makna, seringkali diiringi dengan kesalahan yang tidak disadari oleh beberapa jamaah. Memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini penting agar thawaf kita dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.


Kesalahan Saat Thawaf

  1. Membaca doa khusus yang berbeda pada setiap putaran thawaf dan membacanya secara berjamaah dengan dipimpin oleh seorang pemandu. Hal ini tidak diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
  2. Melakukan thawaf di dalam Hijr Isma'il. Padahal thawaf seharusnya dilakukan di luar Ka'bah, sedangkan Hijr Isma'il berada di dalam Ka'bah.
  3. Melakukan roml pada setiap putaran. Padahal roml hanya dilakukan pada tiga putaran pertama dan hanya ada pada thawaf qudum dan thawaf umrah.
  4. Menyakiti orang lain dengan saling mendorong dan desak-desakan saat mencium Hajar Aswad. Padahal mencium Hajar Aswad adalah sunnah (bukan wajib) dan bukan termasuk syarat thawaf.
  5. Mencium setiap pojok atau rukun Ka'bah. Padahal yang diperintahkan untuk dicium atau disentuh hanya Hajar Aswad dan Rukun Yamani.
  6. Berdesak-desakan untuk shalat di belakang makam Ibrahim setelah thawaf. Padahal kita diperbolehkan melaksanakan shalat di tempat mana saja di Masjidil Haram.
  7. Beberapa wanita berdesak-desakan dengan laki-laki agar dapat mencium Hajar Aswad. Hal ini merupakan kesalahan yang dapat menimbulkan kerusakan dan fitnah.


Dalam melaksanakan thawaf, marilah kita berupaya untuk menghindari kesalahan-kesalahan ini agar ibadah kita menjadi lebih baik dan lebih berkah. Mengikuti tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah kunci utama dalam melaksanakan thawaf dengan benar dan penuh keikhlasan.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id