Mengenal Tahallul Awal dan Tahallul Tsani dalam Ibadah Haji

Kategori : Fiqih, Ditulis pada : 02 Agustus 2023, 16:15:32

Tahallul adalah momen penting dalam ibadah haji yang terjadi pada tengah malam malam Nahr (malam 10 Dzulhijjah). Pada waktu ini, lima ibadah harus dilaksanakan:

  1. Melempar jumrah 'Aqobah (termasuk wajib haji).
  2. Menggundul atau memendekkan rambut (termasuk rukun haji).
  3. Thawaf ifadhah (termasuk rukun haji).
  4. Mabit di Muzdalifah (termasuk wajib haji).
  5. Menyembelih hewan kurban (termasuk sunnah bagi yang berhaji ifrad, sedangkan bagi yang berhaji tamattu' dan qiran termasuk wajib haji).


Kelima ibadah tersebut sebaiknya tidak ditunda dari hari Nahr (10 Dzulhijjah). Jika dua dari lima ibadah tersebut sudah dilakukan, maka sudah terjadi tahallul awal (tahallul asghar). Setelah tahallul awal, segala larangan yang berlaku saat ihram dihapuskan, kecuali untuk akad nikah, hubungan intim, dan cumbu rayu.


Tahallul Tsani (tahallul akbar) terjadi setelah melaksanakan thawaf ifadhah. Pada tahap ini, semua larangan yang berlaku selama ihram telah dicabut. Tahallul akbar akan terjadi setelah sai haji dilakukan setelah thawaf ifadhah, serta mencukur atau mencukur pendek rambut, dan melempar jumrah 'Aqobah.


Urutan yang disunnahkan adalah:

  1. Melempar jumrah 'Aqobah
  2. Menyembelih hewan kurban (nahr)
  3. Mencukur rambut (halq)
  4. Thawaf ifadhah.

Setelah tahallul akbar, disunnahkan untuk menggunakan wewangian dan berpakaian. Hubungan intim sebaiknya ditunda setelah hari Mina dan setelah tahallul akbar.


Referensi: Kitab Al-Imtaa’ bi Syarh Matan Abi Syujaa’ karya Syaikh Hisyam Al-Kaamil Haamid.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id