Fatwa Ulama: Mengulangi Doa Sa'i di Setiap Putaran

Kategori : Fiqih, Ditulis pada : 15 Agustus 2023, 17:03:21

Seseorang bertanya kepada Syaikh Bin Baaz:

"Apakah dalam memulai setiap putaran sa’i diperbolehkan bila saya membaca : "Bismillahi, nabdau’ bimaa badaa’ allahu wa rasuuluhu bihii, inna shaffaa walmarwah min syaa’irillahi". Ataukah demikian itu tidak dicontohkan?

Syaikh Bin Baaz menjawab:

"Adapun yang disyari’atkan dalam sa’i adalah, agar seseorang dalam awal sa’inya membaca ” Inna as-shaffaa wal marwata min sya’a ‘irillahi”, sebagaimana dilakukan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun mengulang-ngulang demikian itu, maka kami tidak mengetahui dalil yang menunujukkan sunnahnya hal tersebut. Dan di sunnahkan bagi orang yang sa’i dalam setiap putaran memperbanyak mengingat Allah (dzikir), do’a, tasbih (membaca subhanallah), tahmid (membaca alhamdulillah), takbir (membaca Allahu Akbar) dan istighfar (membaca astagfirullah). Demikian pula ketika dalam thawaf. Sebab nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 إِنَّمَا جُعِلَ الطَّوَافُ بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَرَمْيُ الْجِمَارِ لِإِقَامَةِ ذِكْرِ اللَّهِ

"Sesungguhnya dijadikannya thawaf di sekeliling Baitullah, sa’i di antara Shafa dan Marwah, dan melontar jumrah adalah untuk mengingat Allah” [Hadits Riwayat Ahmad dan Abu Dawud dengan sanad hasan]

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id