Keutamaan-Keutamaan Masjid Quba

Kategori : Sejarah Islam, Ditulis pada : 05 September 2024, 16:09:18

Sejarah, Keutamaan, dan Kisah Awal Hijrah Nabi - HaramainKU.jpg

Keutamaan-Keutamaan Masjid Quba

Tahukah anda tidak hanya Masjid Nabawi saja lho yang memiliki keutamaan di Kota Madinah? karena sekitar 5 kilometer di sebelah Tenggara kota Madinah terdapat satu masjid yang memiliki keutamaan juga yaitu Masjid Quba.

Masjid ini merupakan salah satu tempat yang sering di ziarahi oleh para jemaah haji dan umrah karena keutamaannya yaitu barangsiapa yang melaksanakan shalat di Masjid Quba maka pahalanya sama seperti ia melaksakan umrah. MasyaAllah sekali bukan keutamaannya?

Bagaimana Sejarah Masjid Quba ?

Masjid Quba sendiri merupakan masjid pertama Yang Rasullulah pertama kali buat dengan para sahabatnya. Masjid Quba sendiri terletak di perkampungan Quba itu sendiri.

Awal Kedatangan Rasullulah Di Perkampungan Quba

Pada awal kedatangan Rasullulah perkampungan Quba tidak termasuk ke daerah Kawasan Yastrib (sekarang Madinah) karena pada saat itu belum ada perluasan wilayah Madinah, lalu Ketika perluasan itu terjadi.

Awal Mula Dibangunnya Masjid Quba

Rasulullah membangun Masjid Quba di tanah yang diwakafkan milik keluarga Kaltsum bin Al-Hadam tersebut. Hari pertama Pembangunan Masjid Quba dimulai pada hari senin 8 Rabiul Awwal tahun 1H / 23 September 622M.

Ketika Pembangunan Rasullulah mengangkut batu bara itu sendirian dan ketika para sahabat ingin membantunya Rasullulah menolaknya dan meminta para sahabatnya yang lain untuk membawa bahan-bahan Pembangunan lainnya.

Desainer Arsitektur Masjid Quba

Rasullulah juga yang mendesain serta yang melakukan peletakan batu pertama di proyek Pembangunan Masjid Quba tersebut.

Setelah Pembangunan Masjid Quba itu terlaksana, Rasullulah langsung memimpin shalat berjamaah perdana di Masjid Quba (di dalam beberapa riwayat mengatakan bahwa Masjid Quba menjadi tempat pertama nabi dan para sahabat melaksakan shalat jum’at di kota Madinah).

Ketika Masjid Nabawi telah jadi pun Rasullulah tetap pergi shalat ke Masjid Quba setiap hari sabtu, senin, dan kamis.

Bahan Pondasi Masjid Quba Madinah

Pondasi Masjid Quba pun di dindingi oleh tanah liat, tiang berupa pohon kurma, dan atapnya merupakan pelepah kurma, meskipun begitu Allah menyebutkan bahwa Masjid Quba dibangun atas dasar ketaqwaan kepada Allah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 107-108, yang berbunyi:

وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مَسْجِدًا ضِرَارًا وَكُفْرًا وَتَفْرِيقًا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ وَإِرْصَادًا لِمَنْ حَارَبَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ مِنْ قَبْلُ ۚ وَلَيَحْلِفُنَّ إِنْ أَرَدْنَا إِلَّا الْحُسْنَىٰ ۖ وَاللَّهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ≈≈≈ لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada orang-orang yang mendirikan masjid untuk menimbulkan kemudharatan (pada orang-orang mukmin), untuk kekafiran dan untuk memecah belah antara orang-orang mukmin serta menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka Sesungguhnya bersumpah:

“Kami tidak menghendaki selain kebaikan”. Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya).” “Janganlah kamu shalat dalam masjid itu selama-lamanya.

Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalamnya masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

(QS. At-Taubah: 107-108).

Sejarah Masjid Quba Sepeninggal Nabi Muhammad ﷺ

Sepeninggal Rasulullah ﷺ Masjid Quba tetap melakukan renovasi secara berkala. Dimulai pada zaman kekhalifahan Utsman bin Affan dimana Masjid Quba tersebut diperluas secara kapasitas jamaahnya sehingga masjid diperluas lahannya.

Lalu dilanjutkan di zaman kekhalifahan Umar bin Abdul Aziz, dimana Masjid Quba diperluas lagi lahannya dan dilengkapi 4 menara setinggi 47 meter. Kini, Masjid Quba memiliki luas area sebesar 50.000 meter persegi dan mampu menampung sekitar 66.000 jamaah.

Di sisi depan dan belakang masjid diisi dengan pohon yang rindang dan juga pohon kurma. Kini masjid tersebut tidak hanya ramai ole orang yang ingin beribadah, akan tetapi ramai oleh para wisatawan Sejarah dikarenakan tempatnya yang sangat asri dan sejuk.

Setelah kita mengetahui keutamaan yang terdapat di Masjid Quba, tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda Ketika mengunjungi tanah suci.

Ingin merasakan langsung berkunjung ke Masjid Qubah? Booking seat anda sekarang di HaramainKU, dan kami siap membimbing Anda ke tanah suci sesuai sunnah Rasulullah dan menfasilitasi perjalanan umroh anda.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id