Makam Sahabat Nabi dan Istri Rasulullah ﷺ

Kategori : Sejarah Islam, Ditulis pada : 05 September 2024, 14:52:59

Makam Sahabat Nabi dan Istri Rasulullah ? - HaramainKU.jpeg

Apa Itu Jannatul Baqi?

Jannatul Baqi atau yang biasa kita kenal dengan Pemakaman Baqi merupakan tempat pemakaman umum islam pertama yang terletak di daerah Hijaz, Kota Madinah, Arab Saudi.

Luas Pemakaman Baqi Madinah

Kawasan pemakaman Baqi memiliki luas sekitar 174.962 meter persegi. Sedangkan, jarak untuk Makam Baqi sendiri dari Masjid Nabawi sendiri hanya sekitar 10 menit dengan berjalan kaki sehingga Makam Baqi sendiri juga masih masuk dalam Kawasan Masjid Nabawi.

Asal Usul Nama Jannatul Baqi

Nama Jannatul Baqi itu sendiri diambil dari kata Baqi yang berarti taman pepohonan. Dikarenakan dulu sebelum menjadi tempat pemakaman umum islam pada zaman jahiliyyah di kawasan tersebut ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan dan salah satunya yang paling banyak yaitu Pohon Gharqad, yaitu pohon berduri yang sangat besar.

Awal Mula Adanya Pemakaman Baqi

Pemakaman Baqi sendiri sudah ada sejak zaman Rasulullah ﷺ, ketika itu sahabat pertama dari Kalangan kaum Muhajirin yang pertama kali di makamkan di Jannatul Baqi ialah Utsman bin Madz’un radhiyallahu anhu, sedangkan dari kalangan kaum Anshar ialah As’ad bin Zurarah radhiyallahu anhu.

Yang Dimakamkan Di Pemakaman Baqi

Pemakaman Baqi sendiri juga menjadi makam bagi para istri nabi selain Khadijah binti Khuwailid dan Maimunah binti Al-Harits. Sedangkan, para sahabat yang berjumlah sekitar 10.000 sahabat juga dimakamkan di Jannatul Baqi seperti; Utsman bin Affan, Abdullah bin Mas’ud, Abdurrahman bin Auf, Saad bin Abu Waqqash, Abu Sa’id Al-Khudri dan sahabat lainnya.

Anak-anak dan cucu nabi juga dimakamkan di pemakaman Baqi seperti; Ibrahim, Fathimah Az-Zahra, dan Hasan bin Ali. Akan tetapi, tidak semua sahabat dan tabi’in yang dimakamkan di pemakaman Baqi.

Alasan Kenapa Para Sahabat Dan Tabi'in Tidak Dimakamkan Di Baqi

Kebanyakakan dari sahabat dan tabi’in tidak dimakamkan di pemakaman Baqi karena mereka semua tersebar ke berbagai penjuru bumi untuk melaksanakan tugas yang lebih penting, yaitu menyebarkan cahaya dakwah islam.

Seperti yang kita ketahui juga, bahwa di pemakaman Baqi masing-masing makam tidak diberi identitas. Kita juga bisa memastikan bahwa di pemakaman Baqi terdapat Makam para sahabat nabi dan para tabi’in, akan tetapi yang mana makamnya kita tidak tahu wallahu a’lam.

Disebutkan dalam sebuah Riwayat bahwa dulu ketika para sahabat datang ke pemakaman Baqi dari Masjid Nabawi, mereka melalui jalan yang menurun. Sedangkan saat ini, posisi tanah pemakaman Baqi lebih tinggi jika dibandingkan dengan Masjid Nabawi.

Lalu kira-kira makam siapa yang ada di atas permukaan tanah itu? Allahu a’lam, kita tidak tahu akan hal itu. Bisa jadi makam para sahabat ada di lapisan tanah ke sekian, dan kemudian terkubur. Yang bisa kita lakukan hanyalah menziarahinya dan mendoakan kebaikan kepada para jenazah tersebut.

Doa Nabi Muhammad ﷺ Ketika Ziarah Di Pemakaman Baqi

Sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ ketika menziarahi Jannatul Baqi, beliau mengucapkan salam dan serta membaca do’a berikut, sebagaimana dari Aisyah radhiyallahu anha’ berkata:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كُلَّمَا كَانَ لَيْلَتُهَا مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَخْرُجُ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ إِلَى الْبَقِيعِ، فَيَقُولُ: «السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَأَتَاكُمْ مَا تُوعَدُونَ، غَدًا مُؤَجَّلُونَ، وَإِنَّا، إِنْ شَاءَ اللهُ، بِكُمْ لَاحِقُونَ، اللهُمَّ، اغْفِرْ لِأَهْلِ بَقِيعِ الْغَرْقَدِ»

“Kebiasaan Rasulullah ﷺ jika menginap di jatah nginap Aisyah maka Nabi ﷺ keluar di akhir malam ke pekuburan al-Baqi’, lalu beliau berkata, “Keselamatan atas kalian para penghuni tempat tinggal kaum mukminin, telah datang kepada kalian apa yang kalian dijanjikan, kamipun akan seperti kalian hanya saja untuk kami ditunda hingga kemudian hari, dan kami insyaa Allah sungguh akan menyusul kalian. Ya Allah berilah ampunanMu kepada penghuni kuburan Baqii’ al-Gharqad.” (HR: Muslim).

Sekarang sudah saatnya giliran anda untuk menziarahi Jannatul Baqi dan melakukan wisata ibadah ini dengan HaramainKU penyedia layanan umroh bagi anda yang ingin melakukan perjalanan umroh sesuai dengan syariat Rasul-Nya dan pelayanan sepenuh hati dari HaramainKU.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id