Mencuci atau membilas kerikil sebelum melempar jumroh adalah kesalahan yang sebaiknya dihindari. Kerikil yang digunakan untuk melempar jumroh bukanlah benda najis, sehingga tidak memerlukan persyaratan suci. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah melempar jumrah dengan menggunakan kerikil tanpa mencucinya terlebih dahulu. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah teladan terbaik dalam hal ini.

Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi rahimahullah menjelaskan,

وعن أحمد أنه لا يستحب وقال : لم يبلغنا أن النبي صلى الله عليه و سلم وهذا صحيح وهو قول عطاء و مالك وكثير من أهل العلم فإن النبي صلى الله عليه و سلم لما لقطت له الحصيات وهو راكب على بعيره يقبضهن في يده لم يغسلهن ولا أمر بغسلهن ولا فيه معنى يقتضبه فإن رمى بحجر نجس أجزأه لأنه حصاة

"Diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa (mencuci kerikil) itu tidak dianjurkan. Beliau berkata, ‘Tidak terdapat penjelasan kepada kita bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukannya.’ Inilah pendapat yang benar. Dan ini merupakan pendapat ‘Atha’, Malik, dan banyak ulama. Karena ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diambilkan batu untuk beliau, dalam kondisi belau berada di atas untanya, beliau menggenggam kerikil tersebut dengan tangannya, tidak mencucinya, dan tidak memerintahkan para sahabat untuk mencucinya. Mencuci kerikil juga tidak memiliki suatu maksud yang bisa ditangkap maknanya. Karena melempar kerikil yang najis itu sah, karena (hanya) kerikil." (Al-Mughni, 3: 454)